Tablet


Menyiasati sengitnya persaingan tablet Android global, Asus tampil all out dengan memasarkan Fonepad 7 dalam tiga varian guna menyasar segmen pengguna yang berbeda. Varian pertama diluncurkan pada tahun 2013, sementara dua varian lainnya dijual pada tahun 2014. Fonepad 7 FE170CG yang kami ulas pada PULSA edisi 290 ini adalah tablet yang mengusung spesifikasi serupa dengan Fonepad 7 tahun 2013 lalu dengan banderol harga yang terjangkau.

  • Desain

Dimensi: (WxDxH) : 192 x 110 x 10.7 mm; Bobot: 290g

Asus Fonepad 7 2014 1 Images Stories Imagesjuli2014 Thumb Other400 0

Hampir sama dengan Fonepad 7 yang diulas PULSA di edisi sebelumnya, Fonepad 7 FE170CG menggunakan bahan plastik dengan sentuhan warna cerah pada backcover. Sementara untuk lubang speaker, Asus meletakkannya di sisi atas dan bawah.



Pada posisi vertikal, port audio jack 3,5mm dapat ditemui pada bagian atas. Sementara untuk port micro USB, Asus menempatkannya pada bagian bawah. Sedangkan tombol power dan pengatur volume tampak menghuni sisi kanan bodi. Terakhir adalah slot kartu micro SIM yang dapat Anda temui pada ruas kiri.

  • Display


Dibanderol lebih murah, Fonepad 7 2014 menggunakan layar 7 inci dengan resolusi 1024 x 600 yang memiliki kerapatan piksel sekitar 170 ppi. Layarnya sudah mendukung input sentuhan hingga 5 jari dengan teknologi IPS yang memberikan sudut penglihatan yang lebih lebar.

Meski tanpa setting autobrightness, Fonepad 7 FE170CG siap manjakan pengguna dengan Asus Splendid yang memungkinkan pengguna mengatur sendiri saturasi serta temperatur warna sesuai selera. Sayang sekali untuk performa dibawah terik sinar matahari, Fonepad 7 FE170CG terbilang mengecewakan.

  • Hardware

Prosesor: Dual-core 1.2GHz Intel Atom Z2520 processor, RAM 1GB; Internal Storage: 8GB (4.76GB User Available) Micro SD Card Up To 32GB

Berbekal prosesor Intel dual Core 1.2GHz, Fonepad 7 FE170CG siap suguhkan performa cepat minim jeda. Dengan RAM 1GB, tablet ini juga sudah disokong pula dengan ruang simpan sekitar 4GB. Untuk pasokan daya, Asus menggunakan baterai Lithium Polymer berkapasitas 3950mAh.

Saat diuji dengan Antutu Benchmark, tablet besutan vendor Taiwan ini menghasilkan skor 15.524 yang menempatkannya tepat dibawah Xiaomi Redmi. Sedangkan pengukuran dengan Quadrant Standard meraih angka 6746 yang memposisikannya pada peringkat paling atas. Beralih pada performa grafis, Nenamark 2 mencatatkan skor sebesar 60,5 frame perdetik.


  • Interface dan OS


Android 4.3 Jelly Bean OS With Stock UI

Mengusung sistem operasi Android 4.3, Fonepad 7 FE170CG menyuguhkan antarmuka ZenUI. Panel homescreen terdiri dari tiga halaman yang dapat Anda tambah hingga tujuh panel.

Memasuki halaman menu, Anda akan disambut dengan menu yang terdiri dari tiga kategori masing-masing all, downloaded dan frequent. Untuk menambahkan widget, pengguna cukup menekan dan menahan bagian kosong homescreen hingga muncul pilihan pengaturan.

Sama seperti Fonepad 7 FE375CG, Fonepad 7 FE170CG juga mendapatkan update firmware untuk perbaikan bug serta peningkatan performa.


  • Multimedia


Audio: AAC, APE, M4A, MP3, OGG, FLAC, WAV, WMA; Video: 3GP, AVI, FLV, M4V, MKV, MP4, MPG, WMV


Untuk menikmati lagu, Anda dapat menggunakan pemutar musik bawaan yang sudah dilengkapi pula dengan setting equalizer, bass booster dan efek 3D. Mengusung teknologi audio Sonic Master, Fonepad 7 tidak disertai dengan earset dalam paket penjualannya.

Tidak seperti Fonepad 7 FE375CG, Fonepad FE170CG ternyata belum dilengkapi dengan Floating Apps sehingga pengguna tidak akan dapat menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan. Sementara untuk instalasi aplikasi, pengguna dapat memilih memori eksternal sebagai default lokasi instalasi.


  • Kamera dan Video


Kamera Utama: 2MP, Kamera Depan: VGA. Movie Studio

Untuk memangkas biaya produksi, Asus menurunkan resolusi kamera yang dipakai dari 5 menjadi 2 megapiksel. Kamera bagian depan juga berkurang resolusinya menjadi VGA. Pengurangan ini tentu berdampak pada hasil gambar yang ala kadarnya.

Meski mengabadikan gambar menggunakan tablet bukanlah hal yang umum buat dilakukan, namun kecilnya resolusi kamera yang diusung tentu akan mengurangi kenyamanan pengguna dalam mengabadikan gambar serta mengobrol via Skype misalnya.


  • Internet dan Konektivitas


UMTS DC+HSPA+ 42Mbps download speed, 5,76 upload speed; WCDMA: 850/900/1700/1900/2100MHz; 2G: 850/900/1800/1900MHz

Menjelajah dunia maya makin nyaman dengan bekal koneksi DC+HSPA+ yang menawarkan kecepatan download hingga 42Mbps dan upload sampai 5,76Mbps. Urusan jelajah dunia maya dijamin lancar dengan kehadiran browser chrome dan bawaan Android. Dengan dua slot kartu micro SIM, pengguna diberikan fleksibilitas dalam memilih tarif komunikasi yang sesuai dengan kemampuan kantong.

Untuk koneksi ke PC, dalam paket penjualan telah disertakan kabel data yang juga berfungsi sebagai kabel charger. Sementara untuk transfer data secara nirkabel, Anda dapat memakai Bluetooth dan Digital Media Server.


  • Fitur Unggulan


Webstorage, App Backup, App Lock, Dictionary, AOLink, Parental Lock, Press Reader, Story, SuperNote, Weather, Zinio

Walaupun dibanderol untuk entry level, pengguna tetap dapat menikmati beberapa fitur dan aplikasi yang ada pada Asus Zenfone. Salah satu fitur yang jadi andalan adalah What's Next yang befungsi untuk mengingatkan agenda harian Anda. Aplikasi lain seperti Asus Web Storage, Do it Later dan Audio Wizard juga dapat Anda temui pada Fonepad ini.

Keperluan penyimpanan foto dan data juga sudah diakomodasi dengan layanan cloud storage Google Drive dan Asus Webstorage. Berbagi data dengan perangkat lain juga lebih mudah dengan kehadiran Share Link dan Party Link. Anda juga dapat mengendalikan PC untuk melakukan presentasi menggunakan aplikasi Remote Link.

Kelebihan
  • DC+HSPA+ 42Mbps DL & 5,76Mbps UL
  • Prosesor Intel Dual Core 1.2GHz
  • Dual micro SIM
Kekurangan
  • Tanpa autobrightness
  • Kamera hanya 2MP
Kesimpulan:

Dengan harga jual 1,6 juta, Fonepad 7 FE170CG membawa segudang aplikasi dan fungsi yang cukup mumpuni bila dibandingkan dengan tablet serupa yang beredar di pasar domestik. Bersenjatakan prosesor Intel, Fonepad 7 FE170CG pas untuk pengguna yang kerap memakai tablet untuk keperluan hiburan serta pekerjaan.

0 Response to "Tablet"

Posting Komentar