NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN

 https://www.nissan.co.id/vehicles/new/x-trail.html
Nissan X-trail, mobil SUV paling tangguh dan nyaman juga banyak peminatnya, karena Nissan X-trail memilki dimensi yang sangat ideal serta memilki tampilan luar yang sangat stylish dengan fitur-fiutur serta inovasi terbaru dan sudah menggunakan teknologi-teknilogi canggih dan modern ditambah performa yang sangat responsive. Sebelum penulis menguraikan lebih dalam lagi tentang hal-hal yang membuat Nissan X-trail dikatakan mobil SUV paling tangguh dan nyaman, penulis akan mengulas sedikit tentang mobil SUV.

Persaingan di dunia otomotif pada segmen mobil memang semakin ketat saja, bahkan untuk saat ini banyak sekali pabrikan mobil yang memproduksi mobil mobilnya. Di Indonesia sendiri memang terdapat beberapa jenis mobil dan salah satunya ialah Sport Utility Vehicle ( SUV ). Menurut sumber yang terpercaya bahwa segmen ini memang telah terjadi persaingan yang sangat ketat sekali.

Sudah banyak sekali pabrikan mobil yang ada di indonesia ini selalu memproduksi mobi SUVnya yang memiliki inovasi inovasi terbaru serta fitur fitur yang sudah berteknologi cangih dan modern. Seperti halnya pabrikan mobil yang amat terkenal seperti Toyota dengan mobil SUV andalannya yaitu Toyota Fortuner, Sedangkan untuk Honda memilki mobil andalannya CR-V dan HR-V dan tentunya masih banyak lagi masih banyak lagi mobil mobil SUV di indonesia.

Setiap mobil SUV yang ada di indonesia memang memilki tampilan eksterior yang sangat sporty dan mewah, sedangkan untuk interiornya juga tidak kalah hebatnya dengan memilki fitur-fitur yang sudah berteknologi modern dan sangat canggih tentunya. Untuk soal performa dapur pacunya juga tidak kalah hebatnya dengan jenis jenis mobil yang lainnya seperti MPV yang sangat laris di pasaran otomotif di indonesia.

Meskipun jenis mobil ini kalah dengan mobil berjenis MPV, namun mobil SUV masih banyak juga masyrakat indonesia yang meminati pada jenis mobil SUV. Salah satunya adalah NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN sebagai salah satu kendaraan SUV yang terkenal dan paling kuat namun tetap aman, ekonomis dan irit BBM.

NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN

 
NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN

Penulis menyimpulkan bahwa Nissan X-trail, mobil SUV paling tangguh dan nyaman jika ditinjau dari aspek spesifikasi serta tampilan Nissan X-trail. Oleh karena itu, penulis akan membahas lebih dalam lagi tentang tampilan dan spesifikasi Nissan X-trail.

Seperti yang telah kita tahu bersama bahwa Mobil SUV Nissan X-Trail adalah sebuah Kendaraan yang memilki dimensi yang sangat ideal serta memilki tampilan luar yang sangat stylish. Hal tersebut dapat di lihat dengan desain-desainnya yang sagat aerodinamis sekali, sehingga banyak sekali masyrakat indonesia yang meminatinya. Sedangkan untuk interiornya juga demikian yang memilki ruang yang lega serta fitur-fiutur serta inovasi terbaru dan sudah menggunakan teknologi-teknilogi canggih dan modern. Memiliki dua varian mesin 2.0L dan 2.5L di mana kedua tipe tersebut memilki performa yang sangat responsive. Untuk tipe 2.5L dengan tipe mesin QR25DE yang sudah berteknologi DOHC dual CVTCS 16 katup dengan 4 silinder, mesin tersebut di klaim mampu menghasilkan tenaga yang mencpai 170 PS pada putaran mesin 6.000 rpm dan untuk torsi maksimalnya mampu mencapai 23.8 Kgm pada putaran 4.000 rpm. Jadi tak heran Nissan X-trail adalah mobil SUV paling tangguh jika ditinjau dari aspek mesin.

Nissan X-Trail sebagai Mobil SUV garapan Nissan ini resmi diluncurkan oleh PT Nissan Motor Indonesia (NMI) di pasar otomotif Tanah Air pada ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) di Jakarta pada tahun 2014 lalu yang bertempat di Kemayoran, Jakarta di mana pada saat itu sekaligus menjadi mobil SUV favorit pengunjung IIMS 2014. Melihat hal tersebut, tentu tak lepas dari keberhasilan konsep yang diusung oleh mobil ini. Pasalnya, SUV bertajuk Nissan X-Trail ini memang hadir dengan mengusung rancangan atau konsep yang begitu menarik di mana memadukan antara sektor eksterior, interior, dapur pacu handal serta stabilitas mobil yang paling tangguh. Bahkan, sampai saat ini pun Nissan X Trail diketahui masih tetap menjadi salah satu mobil SUV yang cukup banyak peminatnya. Lantas, apa sih yang yang membuat konsumen tertarik pada Nissan X-Trail ini?
Nissan X-Trail

Sebelumnya, perlu diketahui bahwa Nissan X Trail yang resmi diluncurkan pada 12 September 2014 lalu ini merupakan generasi ke 3 dari pendahulunya yang sebelumnya dirilis secara perdana pada tahun 2001 silam. Faktor yang menjadikan Nissan X Trail ini menjadi mobil SUV favorit adalah desain fisik atau tampilan eksteriornya sangat berkarakter serta stabilitasnya yang dinilai sangat cocok bagi jalanan Indonesia yang infrakstrukturnya masih belum baik di beberapa daerah. Nissan X-Trail sendiri juga sudah terpasang monitor 360 derajat yang memungkinkan pengguna dapat memonitor apa saja objek yang berada disekitar mobil dan sangat berguna ketika akan parkir ditempat yang spacenya terbatas. Sistem lampu utama Nissan X Trail dengan desain day time running light dengan LED baik pada sorot lampu dekat mapun jauh sehingga cahaya yang dihasilkan terang dengan konsumsi energy yang rendah. Penasaran kan dengan Nissan X Trail ini? Yuk, kita simak bersama ulasan mengenai spesifkasi dan harga Nissan X-Trail yang akan penulis Uraikan pada beberapa segmen di bawah ini.

Review Nissan X-Trail

  • Eksterior
Mengusung Tampilan Mewah dengan Desain Gagah dan Atletis

Sebelum jauh membahas secara lebih mendetail, mari kita terlebih dahulu untuk mengulas pada sektor eksterior dari spesifikasi Nissan X-Trail. SUV besutan Nissan ini memang hadir dengan menawarkan tampilan eksterior dengan fitur gaya desain mewah dan elegan. Selain itu, beberapa lekuk bodi yang begitu aerodinamis pada setiap sisi bodinya pun kian membuat tampilan mobil ini tampak begitu menawan. Apalagi pada sektor depan Nissan X-Trail ini, Nissan menyematkan headlamp auto On/Off berteknologi LED Daytime Running Light yang didesain mengusung gaya modern dan berkarakter gagah yang mampu memberikan penerangan secara maksimal, terutama ketika dikendarai di waktu malam hari di saat jalanan minim penerangan lampu kota. Bahkan, lampu sein pun juga terpasang manis pada bagian depannya dengan mengandalkan lampu LED sehingga menampilkan kesan SUV premium yang berkarakter. Selain itu, pada bumper depannya pun Nissan X Trail juga tidak kalah elok dengan disematkannya bumper khas SUV yang berkarakter tinggi dan gagah ditambah Foglamp yang siap menerangi dari kabut tebal yang mengganggu perjalanan.

Sedangkan dari samping, terlihat Roof Rail dan Side Skirt yang dibentuk dengan kesan simpel yang kian membuat mobil ini tampil begitu elegan dan easy to use. Selain itu, pada sektor bodi samping terlihat juga sedikit lekukan samar namun tampak begitu tegas dan berotot yang semakin memperkuat Nissan X-Trail ini sebagai mobil yang gagah dan berwibawa. Sedangkan untuk body bagian belakangnya tampil premium dengan Tail Light-nya yang besar dan  menjorok horizontal di mana mengusung stop lamp berteknologi LED yang semakin menyempurnakan kesan sporty. Tampaknya, sektor eksterior dari spesifikasi Nissan X Trail ini memang menampilkan tampilan desain mewah yang berkarakter SUV petualang.


  • Interior
Sektor Interior yang Luas Dilengkapi Material Berkualitas dan Fitur Canggih

Beralih pada pembahasan berikutnya, pada sesi ini kita akan memasuki pada ruang kabi dari sektor interior spesifikasi Nissan X-Trail. Nissan X-trail adalah mobil SUV paling nyaman, karena ketika memasuki pada ruang kabinnya, akan disuguhkan ruang kabin yang cukup luas di mana pada ruang kabinnya tersebut terdapat jok yang berbahan material yang dibuat soft yang sangat baik dengan pilihan kulit yang nyaman untuk diduduki dalam perjalanan jauh. Bahkan, ruang kabinnya tersebut juga mampu menampung hingga 8 penumpang sekaligus pengemudinya. Selain itu, desain interior dari Nissan X Trail ini pun juga terbilang mobil SUV yang sangat elegan dan paling nyaman yang dilengkapi dengan beberapa fitur canggih pada dashboardnya. Menariknya, dashboard sampai dengan pintu panel pun tertutup dengan pelapis soft yang tampak begitu elegan dengan gelaran warna hitam yang begitu elegan. Selain itu, pada sektor dashboard, tampak terpasang manis sebuah layar touchscreen seluas 7 inci yang tersematkan pada bagian tengah dari dashboard. Layar tersebut dilengkapi Around View Monitor di mana fitur ini akan memantau keadaan sekitar secara 360° dari atas kendaraan dengan 4 (empat) kamera yang ditampilkan dalam format bentuk split screen close-up di monitor. Sehingga, pengemudinya pun akan lebih mudah dan nyaman saat memarkir Nissan X-Trail ini di ruang sempit. Selain itu, di sekitar layar sentuh tersebut juga terdapat tombol panel Integrated 2DIN AM/FM CD Player (MP3 Compatible) yang bisa digunakan untuk mendengarkan musik kesukaan. Lalu, dilengkapi juga fitur Advanced Drive-Assist Display di depan pengemudi yang akan menyajikan beragam info terkait kondisi kendaraan dan perjalanan didepan mata, sehingga pengemdui pun dapat tetap fokus mengemudi. Bahkan, pada steering wheel dari spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dilengkapi panel Steering Switch Audio Control yang akan memudahkan pengemudi dalam mengontrol sistem audio sistem dengan panel pada kemudinya.

Di sisi lain, spesifikasi Nissan X-Trail ini menawarkan kabin tiga sap jok yang tentu saja menjadi kelebihan mobil dari SUV mewah ini. Apalagi jok baris kedua bisa dilipat secara fleksibel dengan format kursi terpisah 60/40 yang dapat digeser ke depan sehingga penumpang pun akan lebih merasakan keleluasaan saat berbaring tidur, sehingga penumpang akan menyadari bahwa Nissan X trail adalah mobil SUV paling paling nyaman jika penumpang pernah mencoba beberapa mobil SUV lainnya. Tak hanya sampai di situ saja, Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan teknologi canggih dan paling tangguh pada pintu belakang bernama Hands Free (Touchless) Back Door System yang menjadi sebuah keunggulan utama dari Nissan X Trail ini di mana teknologi ini memungkinan pintu secara otomatis akan terbuka hanya dengan menyentuh panel di dashboard. Menariknya pada tipe X Trail 2.5 CVT, pintu tengah dari spesifikasi Nissan X-Trail ini juga bisa dibuka hingga 77 derajat sehinga akan lebih mudah memasukan barang ketika bagasi di belakang sudah penuh.


  • Dimensi
Dimensi Luas dengan Suspensi Kokoh dan Fitur Pengereman Handal

Selanjutnya, pada sesi ini Mas Sena akan menguraikan terkait dimensi dari spesifikasi Nissan X-Trail. Apabila kita lembali menilk pada sektor desain yang tampak bongsor dan interiornya yang luas, tentu hal tersebut tak bisa lepas dari struktur ukuran dimensi pembentuknya. Dalam kaitannya dengan dimensi dari Nissan X Trail, SUV ini memiliki ukuran dimensi dengan panjang 4.640 mm, lebar 1.820 mm, dan tingginya 1.720 mm serta memiliki jarak sumbu roda 2.705 mm sehingga membuat bobot mobil ini mencapai 1.501 Kg. Selain itu, SUV besutan Nissan X-trail ini juga memiliki ground clearance setinggi 210 mm. Dengan ukuran jarak terendah ke tanah atau ground clearance tersebut maka sudah bisa dipastikan bahwa mobil ini akan cocok dikendarai di berbagai medan jalan, baik jalan perkotaan maupun medan petualang. Di sisi lain, untuk menunjang stabilitas dalam berkendara maka Nissan X-Trail ini akan dilengkapi dengan suspensi kokoh di mana pada sektor depan akan mengandalkan tipe Independent MacPherson Strut with Stabilizer Bar. Sedangkan untuk sisi belakang, akan disematkan tipe suspensi Independent Multi-link with Stabilizer Bar. Kedua suspensi tersebut diklaim mampu meredam dan menahan setiap getaran atau goncangan ketika melewati jalanan terjal, bergeronjal, atau pun berlubang. Sehingga, pengemudi maupun penumpangnya akan merasa mobil SUV yang satu ini adalah paling nyaman. Tak sampai di situ saja, untuk menunjukan tingkat kenyamanan yang lebih sempurna, Nissan X-Trail ini juga dilengkapi dengan roda berukuran 225/65 R17 lengkap dengan dua tipe pengereman berbeda yakni depan menggunakan Ventilated Disc dan belakang menggunakan tipe Disc. Menariknya, kedua pengereman tersebut juga disemtkan sebuah teknologi ABS, EBD dan BA yang akan memberikan tingkat pengereman yang paling tangguh, sempurna dan handal. Sehingga, dengan dibenamkannya teknologi yang mempuni dalam fitur pengereman tersebut, tentu saja tak salah bila harga Nissan X-Trail ini cukup mahal.


  • Mesin
Dibekali 2 Varian Mesin dengan 2.0 L dan 2.5 L

Menginjak pada pembahasan berikutnya, kita akan menilik pada sektor dapur pacu dari spesifikasi Nissan X-Trail. SUV premium besutan Nissan ini akan hadir dengan menawarkan 2 varian mesin yang berbeda, yaitu varian 2.0 liter dan 2.5 liter. Dengan adanya dua varian tersebut maka calon konsumen pun akan lebih lelusa dalam memilih varian mesin yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan finansial mengingat kedua varian dari Nissan X-Trail ini ini memiliki harga yang berbeda. Untuk varian 2.0 L, akan mengandalkan tipe mesin MR20DD dengan 4 silinder dan 16 katup serta memiliki teknologi DOHC dan Dual CVTCS yang berkapasitas mesin 1997cc. Mesin ini mampu menghasilkan power maksimum 144 PS per 6.000 rpm dan torsi maksimum 20.4 kg.m per 4.400 rpm. Sedangkan untuk tipe transimisnya seri ini menggunakan 6 percepatan manual. Sementara itu, untuk tipe 2.5 L, Nissan akan mengandalkan tipe mesin QR25DE berteknologi DOHC dengan 16 katup dan 4 silinder sertai memiliki teknologi Dual CVTCS. Yang mana dengan teknologi tersebut mampu membuat mesin berkapasitas 2.488cc ini menghasilkan power maksimum 171 PS per putaran 6.000 rpm dengan torsi maksimum 23.8 kg.m setiap berputar 4.000 rpm. Perbedaan lain dari dua varian Nissan X-Trail ini terletak pada sistem injeksi di mana pada versi 2.5 L akan menggunakan Multi Point Injection sementara itu, pada versi 2.0 L akan menggunakan Direct Injection. Namun keduanya sama-sama mampu membuat penggunaan bahan bakar berkapasitas 60 L lebih irit. Dengan diberikannya teknologi mesin yang paling tangguh dan cukup mumpuni pada spesifikasi Nissan X-Trail tersebut, tentu saja membuat kedua versi mobil ini terasa lebih pas bagi para konsumen yang memiliki jiwa petualang.


  • Fitur
Dibekali Fitur Canggih Berikan Keselamatan dan Kenyamanan dalam Berkendara

Memasuki segmen terakhir dari pembahasan mengenai spesifikasi Nissan X-Trail ini, akan mengulas beberapa fitur yang disematkan pada SUV besutan Nissan ini. Pertama, untuk menunjang keselamatan atau keamanan pengemudi dan penumpang depan, maka Nissan pun membekali SUV garapannya ini dengan Dual SRS Airbag yang akan melindungi pengemudi dan penumpang depan dari hantaman keras ketika terjadi kecelakaan. Di sisi lain, Nissan X Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan 4 titik sensor parker yang disematkan pada sektor belakang dari mobil ini. Sehingga, pengemudi pun akan lebih mudah dan aman ketika memarkir mobil di tempat yang tak terlalu luas atau sempit. Kemudian, spesifikasi Nissan X-Trail ini pun juga sudah dilengkapi dengan Seat Belt pada bagian depan maupun belakang kursi yang akan membuat para penumpangnya merasa nyaman ketika meleati jalanan yang berkelok-kelok. Tak hanya itu saja, penumpang pun akan merasa betah dalam mobil mengingat pada spesifikasi Nissan X Trail ini juga sudah dibenamkan beberapa fitur canggih, seperti audio sistem dan juga AC, sehingga Nissan X Trail menjadi mobil SUV paling nyaman digunakan.

0 Response to "NISSAN X-TRAIL, MOBIL SUV PALING TANGGUH DAN NYAMAN"

Posting Komentar