Rufus

Rufus
Gambar Rufus
Rufus adalah sofware portable untuk membuat USB Flashdisk menjadi bootable. Jika anda mendownload file ISO yang bootable, seperti Windows 8, Windows 8.1, Windows 10, Linux, Android, Hiren, dll, anda mungkin berpikir ingin mengoprasikannya pada saat booting dengan burning terlebih dahulu ke CD/DVD menggunakan perangkat lunak seperti Nero dsb, namun bagaimana caranya jika anda malas mengeluarkan uang untuk membeli CD/DVD? atau bagaimana jika DVD ROM anda rusak?. Solusi untuk mengoprasikan pada saat booting selain membuat CD/DVD bootable adalah membuat Flashdisk bootable. Ada banyak perangkat luak untuk membuat Flashdisk menjadi bootable, seperti: WinToFlash, Windows USB/DVD tools, dsb, namun jika anda mentransfer ISO Windows XP menggunakan WinToFlash, penulis menemukan masalah ketika menginstal Microsoft Office 2007 dan WinToFlash dan Windows USB/DVD tools hanya khusus untuk file ISO Windows saja. Apakah anda pernah berpikir tentang satu satu perangkat lunak yang bisa digunakan untuk membuat Flashdisk bootable dari file ISO bootable untuk hampir semua ISO bootable yang tidak hanya Windows?. Ya, sofware seperti itu memang ada dan salah satunya adalah Rufus.

Keunggulan Rufus selain bisa membuat Flashdisk bootable dari ISO bootable adalah bisa mengisi Flashdisk anda dengan program DOS, update bios, setting UEFI, dapat memilih format file system, dan pengoprasiannya lebih simpel dari pada WinToFlash dan Windows USB/DVD tools. Rufus bahasanya dapat diubah ke beberapa bahasa termasuk Indonesia. Satu keunggulan lain dari Rufus adalah selain bisa mendeteksi Flashdisk, Rufus juga bisa mendeteksi USB Harddisk external. Jika anda ingin melihat proses Rufus dalam membuat Flashdisk bootable, anda dapat mengeceknya menggunakan Log.

Sekian informasi yang penulis sampaikan. Semoga aplikasi ini bermanfaat terutama kepada para pembaca yang suka dengan aplikasi simpel,  suka bereksplorasi membuat Flashdis bootable dengan berbagai file ISO, dan ingin mencoba Update BIOS. Jika anda membutuhkan perangkat lunak ini, anda dapat mendownloadnya di https://rufus.akeo.ie/

0 Response to "Rufus"

Posting Komentar